Apa Itu Prosesor? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah prosesor, bukan? Pasalnya, prosesor ini terdapat di dalam laptop atau komputer dan salah satu perangkat keras komputer. Keberadaan prosesor ini sangat penting bagi sebuah komputer karena di sinilah kendali utama komputer tersebut. Untuk itu, yuk mengenal lebih dalam seputar apa itu prosesor beserta fungsi dan cara kerjanya!

Apa yang Dimaksud dengan Prosesor?

Seorang manusia membutuhkan otak untuk bisa berpikir dan melakukan aktivitasnya. Jika terdapat gangguan pada otak manusia, maka aktivitasnya pun juga akan terganggu. Seperti itulah kira-kira peran prosesor di dalam komputer atau laptop. Prosesor ini bisa dibilang sebagai otaknya komputer dan menjadi kendali utama yang terletak tepat di tengah motherboard.

Seluruh perintah yang berjalan di laptop atau komputer berawal dari prosesor ini, sehingga sangat penting untuk memilih prosesor yang cocok dengan kebutuhan anda. Merek prosesor pun sangat beragam dan memiliki fungsi yang berbeda-beda, ada yang lebih unggul untuk bermain game, ada pula yang lebih cocok untuk kantoran, untuk desain, dan lain sebagainya.

Beberapa merek dari prosesor yang sering digunakan adalah Intel, AMD (Advanced Micro Devices), Apple, IBM (International Business Machines Corporation), dan IDT (Integrated Device Technology). Saat hendak membeli laptop, ada baiknya untuk mengecek prosesor yang digunakan. Sebab, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kebutuhan anda.

Mengenal Fungsi dari Prosesor

Setelah mengetahui apa itu prosesor, kini saatnya mengetahui apa saja fungsi yang dimiliki oleh prosesor. Secara umum, fungsi dari prosesor yaitu mengolah perintah yang masuk dan dikeluarkan lagi berupa output yang memberikan perintah. Namun, prosesor juga memiliki fungsi lain yang lebih spesifik, salah satunya yaitu menjalankan proses informasi di dalam komputer.

Fungsi lainnya adalah menjaga performa komputer, memastikan komputer berjalan dengan baik, mengolah perhitungan algoritma, dan memberikan perintah kepada setiap komponen di dalam komputer. Fungsi dari prosesor yang lain yaitu menunjang kegiatan spesifik komputer, mendukung kebutuhan spesifik komputer, dan menjaga stabilitas komponen pada komputer.

Komponen dan Cara Kerja Prosesor

Untuk mendukung cara kerjanya, tentu saja prosesor memiliki beberapa komponen. Komponen tersebut adalah Control Unit (CU), Aritcmatics Logical Unit (ALU), dan Register Unit (RU). CU berfungsi untuk mengatur lalu lintas dan aktivitas data secara teratur, seperti input dan output. ALU berfungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika sesuai dengan perintah.

Perhitungan aritmatika ini berguna agar komputer dapat membaca sebuah instruksi dengan benar. Sementara itu, RU merupakan alat penyimpanan yang lebih kecil dari memori utama untuk menyimpan data yang sudah diolah oleh CU dan ALU. Data ini yang nantinya akan diolah kembali jika dibutuhkan.

Secara umum, terdapat tiga hal dasar yang prosesor lakukan. Ketiga hal tersebut adalah memindahkan data dari satu memori ke lokasi lainnya, mengambil keputusan dan melompat ke instruksi lainnya, dan menggunakan ALU untuk operasi matematis. Prosesor akan menerima perintah yang masuk atau input.

Input ini bisa berasal dari keyboard, mouse, atau sumber lain yang bisa digunakan untuk memasukkan perintah dan terhubung dengan komputer. Setelah itu, prosesor akan menerjemahkan perintah tersebut dan mengolahnya. Kemudian, diteruskan ke software atau hardware yang terkait dengan perintah.

Prosesor merupakan komponen yang sangat penting di dalam komputer karena menjadi pengendali utama dari seluruh operasi yang ada di dalam komputer. Prosesor sendiri terdiri dari beberapa merek yang memiliki keunggulan masing-masing. Pastikan anda memilih komputer dengan prosesor yang sesuai kebutuhan anda.

Similar Posts