Mengenal Sekilas Tentang Solar Panel dan Berapa Daya Tahan Baterai Solar Cell

PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya sudah mulai banyak dikembangkan di Indonesia. Bahkan masyarakat juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan pribadi. Berikut adalah sekilas informasi tentang solar panel dan kisaran daya tahan baterai solar cell yang bisa menjadi alternatif kebutuhan listrik anda sehari hari.

Sekilas Pengertian Solar Panel

Solar panel atau lebih umum disebut panel surya ini adalah bentuk baru dalam sumber daya listrik. Konsep panel surya sendiri adalah menggunakan bantuan tenaga matahari untuk menjadi sumber tenaga listrik terbarukan. Konsep ini cukup banyak diminati saat ini karena mengusung konsep sumber daya ramah lingkungan.

Tak hanya satu solar panel, namun anda bisa menggunakan banyak panel bila menginginkan daya listrik yang lebih besar. Sekumpulan solar panel dalam satu sistem dalam jumlah yang banyak disebut juga dengan Array. Besar kecilnya pasokan listrik yang dihasilkan akan ditentukan dengan jumlah array yang digunakan ini.

Cara kerja solar panel cukup mudah. Dengan bantuan charge controller tegangan panel surya akan dihasilkan dan akan mengisi baterai. Semakin cuaca terik, maka tegangan yang dihasilkan juga akan semakin tinggi. Sedangkan baterai pada solar panel adalah perangkat yang dapat menyimpan tenaga listrik dari cahaya matahari.

Di Indonesia sendiri sudah mulai banyak dikembangkan PLTS atau pembangkit listrik tenaga surya. Solar panel inilah yang menjadi salah satu komponen penting untuk membuat PLTS. Selain ramah lingkungan, banyak keuntungan lainnya dalam penggunaan teknologi surya ini untuk pembangkit listrik. Berikut sekilas informasinya.

Keunggulan Tenaga Surya Sebagai Sumber Listrik

  1. Renewable Energy

Sinar matahari bisa didapatkan dengan mudah bahkan tanpa proses pengambilan yang susah. Pasokan listrik yang biasanya menggunakan bahan bakar yang mahal, kini bisa diwujudkan dengan menggunakan bahan yang mudah dan murah. Teknologi terbarukan ini bisa menjadi terobosan baru untuk pasokan kebutuhan listrik masyarakat.

  1. Bersih dan Ramah Lingkungan

Konsep ramah lingkungan adalah menjadi daya tarik utama penggunaan panel surya ini. Ramah lingkungan karena tidak memerlukan BBM sehingga tidak perlu ada emisi karbon yang keluar selama proses pembangkit listrik berlangsung. Penggunaannya juga tergolong bersih dan tidak mencemari lingkungan.

  1. Praktis Dan Murah

Pemasangan panel surya tergolong murah karena bila dihitung dalam jangka panjang pemakaian, anda tak perlu lagi membayar biaya listrik setiap bulan. Anda hanya mengeluarkan biaya di awal saja untuk pemasangan. Sehingga tentu anda akan menghemat banyak biaya dan juga pemasangan penggunaan panel surya ini cukup praktis.

  1. Cocok Untuk Daerah Tropis Seperti Indonesia

Penggunaan panel surya sangat cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia. Negara tropis akan cenderung mendapatkan sinar matahari paling banyak sepanjang tahun. Sehingga anda tak perlu kuatir akan kekurangan listrik. Hal ini juga dipengaruhi oleh musim di Indonesia yang hanya dua sehingga suhu lingkungan tidak berubah ekstrem.

  1. Investasi Jangka Panjang

Penggunaan panel surya bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang karena anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk pembayaran listrik setiap bulannya. Bahkan Daya Tahan Baterai Solar Cell sendiri bisa mencapai 20 hingga 25 tahun. Sehingga anda akan menghemat banyak biaya untuk pasokan listrik yang anda dapatkan.

Itulah beberapa informasi penting terkait solar panel sebagai salah satu sumber daya listrik terbarukan. Penggunaan energi seiring jaman akan bergeser ke energi yang ramah lingkungan. Walau biaya besar di awal, namun hasilnya akan lebih hemat karena bisa digunakan secara jangka panjang. Anda bisa mencobanya.

Similar Posts