Wajib Tahu! Berikut Cara Bercocok Tanam Tanpa Tanah Yang Wajib Anda Coba

Dewasa ini, kebutuhan lahan semakin sulit dipenuhi. Tak ayal jika kegiatan bercocok tanam tanah menjadi solusi inovatif yang bisa anda coba. Apalagi kegiatan ini sangat cocok dilakukan siapa saja di berbagai tempat. Untuk itu, kenali informasi terkait kegiatan bercocok tanam tanpa tanah sebagai berikut.

Tips Bercocok Tanam Tanpa Tanah

  1. Hidroponik

Siapa yang tak kenal dengan kegiatan bercocok tanam dengan cara hidroponik? Aktivitas pertanian dengan memanfaatkan air untuk menumbuhkan tanaman ini termasuk salah satu inovasi pertanian yang cukup terkenal. Apalagi anda bisa memanfaatkan berbagai jenis media tanam seperti spon, rockwool, jerami pun serabut kelapa untuk menopang pertumbuhan akar.

  1. Akuaponik

Akuaponik pada dasarnya juga tak jauh berbeda dengan cara bercocok tanam hidroponik. Meski demikian, proses penanaman yang memanfaatkan air sebagai media utama ini memanfaatkan kolam budidaya ikan. Proses ini bahkan dapat menciptakan ekosistem buatan yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman pun ikan yang ada di bawahnya.

  1. Aeroponik

Selain itu, anda juga bisa mencoba bercocok tanam secara aeroponik dengan cara menggantungkannya di udara. Lazimnya, sistem aeroponik ini membutuhkan ruangan khusus untuk mendapatkan suplai tanaman yang berasal dari air yang dikabutkan. Meski terkesan lebih sulit, penanaman aeroponik ternyata dapat memberikan hasil yang lebih segar dan renyah.

Perkembangan teknologi telah banyak mengubah gaya hidup manusia secara signifikan. Proses bercocok tanam yang biasanya dilakukan pada lahan tertentu bahkan bisa dilakukan dengan lebih praktis tanpa penggunaan lahan yang luas. Apalagi proses penanaman tanpa tanah yang dilakukan dengan baik dapat menghasilkan tanaman segar yang lebih optimal. Menarik bukan?

Similar Posts