4 Cara Hilangkan Virus di HP yang Ampuh

 

HP anda terkena virus? Tenang, jangan panik karena ada beberapa cara ampuh yang bisa anda lakukan. Cara ini juga bisa anda terapkan di berbagai jenis smartphone yang anda miliki. Sebab, kehadiran virus tersebut memang dapat mengganggu kinerja HP. Untuk itu, yuk simak ulasan seputar cara hilangkan virus di HP yang ampuh dan dijamin HP kembali aman!

Cara Menghilangkan Virus di HP dengan Mudah dan Aman

  1. Menggunakan Aplikasi Kaspersky Mobile Antivirus

Untuk membersihkan virus dari HP anda, salah satu caranya memerlukan bantuan dari beberapa aplikasi, salah satunya Kaspersky Mobile Antivirus ini. Aplikasi yang satu ini dilengkapi dengan beragam fitur yang akan memudahkan anda untuk memindai dan menghilangkan virus dari dalam HP. Setelah itu, Kaspersky akan memberikan proteksi supaya aman dari virus.

Menariknya lagi, aplikasi yang satu ini juga memiliki fitur untuk melacak dan menemukan HP yang hilang. Selain itu, Kaspersky Mobile Antivirus ini juga dibekali dengan perlindungan terhadap informasi pribadi yang sangat rawan terintai oleh oknum tidak bertanggung jawab. Anda cukup tekan scan yang ada di dalam aplikasi dan tunggu hingga proses selesai, virus otomatis hilang.

  1. Menggunakan Aplikasi Avast Mobile

Avast Mobile juga termasuk ke dalam aplikasi antivirus, sama halnya dengan Kaspersky Mobile Antivirus. Aplikasi yang satu ini juga dibekali dengan fitur yang sangat lengkap, seperti penghapus cache, membersihkan RAM, pengunci aplikasi, dan mempercepat pengisian baterai.

Cara hilangkan virus di HP dengan aplikasi ini juga sangat mudah. Pasalnya, anda cukup masuk ke tampilan awal aplikasi yang sudah terpasang di HP Anda. anda akan langsung disambut dengan tombol scan dan anda bisa tekan tombol tersebut untuk memindai HP anda. Setelah proses selesai, Avast Mobile akan menunjukkan hasil pemindaian tersebut dan klik Resolve.

  1. Menggunakan Factory Reset

Cara yang berikutnya ini bisa anda lakukan tanpa bantuan dari aplikasi pihak ketiga, yaitu dengan mengembalikan sistem HP anda seperti bawaan pabrik. Cara ini bisa menjadi cara terakhir yang bisa anda lakukan jika cara yang lain tidak bisa mengatasi gangguan virus yang ada di HP anda. Apabila menggunakan cara ini, file dan settingan apa pun yang ada di HP akan hilang.

Untuk itu, penting sekali melakukan backup file sebelum me-reset HP anda. Anda cukup membuka menu Setting dan pilih Backup & Reset, lalu klik Factory reset. Setelah itu akan muncul pesan konfirmasi dan anda akan diminta memasukkan PIN HP anda, lalu sistem akan mulai me-reset dan kembali ke bawaan pabrik.

  1. Menggunakan Safe Mode

Melansir dari salah satu halaman situs Leskompi, cara lain tanpa aplikasi yang bisa anda coba yaitu menggunakan safe mode yang biasanya muncul dengan menekan tombol volume dan power secara bersamaan. Setelah itu, semua aplikasi yang ada di HP akan hilang dan hanya menjalankan aplikasi inti bawaan dari sistem HP.

Dengan mode seperti ini, anda akan lebih mudah untuk menghapus file yang tidak penting, termasuk menghilangkan virus yang ada di HP anda. Untuk mengeceknya anda bisa pergi ke menu Setting, Apps, dan klik tab Downloaded. Nanti akan muncul aplikasi pihak ketiga asing yang menunjukkan virus tersebut.

HP yang terserang virus memang perlu dibersihkan karena virus tersebut bisa sangat berbahaya untuk HP anda. Tidak hanya merusak file yang ada, tetapi juga bisa mengendalikan HP anda dari jarak jauh. Beberapa cara di atas bisa anda coba untuk menghilangkan virus di HP.

Similar Posts