Cara Membuat Septic Tank Buis Beton

Salah satu tolok ukur sebuah rumah atau bangunan sehat adalah adanya sistem pembuangan standar. Seperti misalnya dalam pembuatan septic tanknya tidak asal asalan. Harus perhatikan lokasi penempatan, ukuran dan jenis yang akan diterapkan.

Mengenau jenis bahan material untuk pembuatan tangki septik tank. Banyak orang menggunakan material buis beton. Pemanfaatan material satu ini memberikan keuntungan tersendiri.

Digunakan sebagai pengganti batu bata sebagai dinding septik tank. Tapi mungkin ada yang belum mengetahui cara membuat septik tank buis beton.

Untuk itu, simak tutorial berikut. Namun sebelum mulai membahas cara membuat septik tank dari buis beton.ย  Alangkah baiknya mengetahui juga kelebihan dan kekurangan material ini.

Kelebihan dan Kekurangan Septic Tank Buis Beton

Kelebihan

  • Material buis beton tak mengapung kalau permukaan air di tanki hampir penuh. Hal ini karena tangki septitank beton punya bobot lebih berat.
  • Selain itu, tangki septik tank berbahan buis beton juga lebih awet.
  • Bisa bertahan hingga beberapa dekade.
  • Kelebihan lainya adalah tahan terhadap karat, serta kuat dan tak gampang rusak kalau benturan dengan alat berat.

Kekurangan

  • Kalau rusak susah diperbaiki
  • Harga tangki septik tank berbahan buis beto lebih mahal dari bahan lainya.
  • Butuh perlengkapan dan peralatan besar untuk angkut dan pasang tangki septik tank buis beton. Pemasangan lebih kompleks.
  • Bahan material buis beton bisa saja rentan rusak karena campuran bahan tidak bagus. Membuat dinding tangki bisa retak dan limbah meresap keluar.
  • Meski tidak semua bahan ini buruk.

Ukuran Standar Septic Tank Buis Beton

Buis beton adalah jenis beton pencetak (bentuknya biadanya silinder). Dimanfaatkan untuk pembuatan sumur WC. juga biasa untuk membuat gorong gorong, saluran air hingga sumur resapan.

Untuk ukuran standar pembuatan tangki septik tank dengan buis beton yakni diameter 1,5 meter sampai dengan 2,5 meter.ย  Sedangkan untuk kedalaman, umumnya 1 meter hingga 3 meter.

Cara Membuat Septic Tank Buis Beton

Berikut ini cara membuat septik tank buis beton. Simak selengkapnya langkah langkah dibawah ini.

1. Tentukan Lokasi Pembuatan Septic Tank

Langkah pertama, tentukan lokasi penempatan septik tank. Pastikan bahwa lokasinya memadai dengan mempertimbangkan jarak, sumber air dan lokasi rumah.

Umumnya lokasi sumur WC untuk komplek perumahan di perkotaan biasanya di depan rumah rumah. Sedangkan di pedesaan lebih banyak ditaruh di halaman belakang rumah.

2. Membuat Galian Melingkar

Langkah kedua, yakni menggali dua lubang lingkaran untuk menyesuaikan diamter tangki. Salah satu Lubang ini dipakai untuk lokasi resapan kotoran. Pastikan bahwa sumur WC sesyau dengan diameternya dan berilah jarak diantara dua lubang ini kurang lebih 50 meter.

3. Memasang Buis Beton

Langkah ketiga, memasang buis beton.ย  Sebagaimana diketahui dalam panduan membuat septik tank ini, komponen buis beton merupakan komponen utamanya.ย  Di tahap ini tinggal memasang buis beton.

Namun perlu diketahui, buis beton cukup berat dan massanya besar. Pemasangan buis beton ini susah kalau cuma dilakukan manual yang dipasang dua orang saja.

Sebagai saran, gunakan tuas dan katrol untuk mempermudah pemasangan. Untuk jumlah buis beton yang dibutuhkan dalam pembuatan septik thank, bergantung pada kedalaman septik tank nya. Sebelumnya, lakukan pemlesteran dan acian didindg septik rank sampai rapat dan halus sebelum memasangnya.

4. Membuat Saluran Pembuangan

Langkah selanjutnya membuat saluran pembuangan kloset. Umumnya,ย  saluran pembuangan ini memerlukan PIPA PVC dengan ukuran cukup besar. Sehingga tak gampang tersumbat.

Sebaiknya pipa saluran pembuangan tak dibuat terlalu banyak lekukan atau belokan. Hal ini agar kotoran bisa lancar mengalir tak terhambat. Perhatikan juga sudut kemiringanya supaya kotoran bisa masuk ke septik thank dengan lancar.

5. Tutup Lubang Septic Tank

Langkah akhir, menutup sumur wc byis beton. Banyak yang memakai buis beton piringan untuk menutup sumur WC. Tapi sebaiknya memakai cor beton si permukaan tanah (12 cm) untuk cegah rembesan dan kebocoran lebih maksimal. Tambahkan pipa udara yang fungsinya sebagai sirkulasi udara di septik tank.

Itulah tadi cara membuat septik tank buis beton yang bisa diterapkan dengan mudah dengan mengikuti langkah langkah diatas. Septitank jenis ini lebih cocok untuk di area lahan sempit.

Selain membuat septic tank, jika kamu ingin membuat pagar dari beton, jangn lupa baca artikel tentang daftar harga pagar panel terbaru.

Similar Posts