Cara Menulis Bagus, Rapi dan Enak Dibaca

a itu juga harus ada trik ataupun usaha yang dilakukan setiap harinya. Untuk itulah kami akan memberikan cara menulis bagus yang bisa kamu praktekkan.

Cara Menulis Bagus dengan Mudah

Dibawah ini kami berikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar tulisan menjadi rapi, bagus dan enak dibaca.

1. Lihat inspirasi tulisan yang kamu inginkan

Setiap orang pastilah menginginkan inspirasi tulisan yang diinginkan. Hal ini dikarenakan setiap orang berbeda mengenai jenis tulisan yang diinginkan.

Jadi mau tulisan bersambung, tulisan biasa maupun tulisan tegak lurus semuanya tergantung dari inspirasi dari tulisan yang kamu inginkan.

2. Cari alat tulis yang pas serta berkualitas

Dalam membuat tulisan ini pasti kita juga membutuhkan peralatan tulis yang berkualitas. Tidak harus mahal namun pas dan enak untuk digunakan.

3. Perhatikan kertas yang dipakai

Selain itu kamu juga harus memperhatikan kualitas dari kertas yang akan kamu pakai untuk menulis. Hal ini juga akan mempengaruhi hasil tulisannya apakah terlihat bagus dan rapi atau malah sebaliknya.

4. Lakukan pemanasan

Tangan yang langsung digunakan untuk menulis biasanya belum terbiasa dan merasa kaku. Oleh karena itulah sebaiknya kamu juga memberikan kesempatan pada tangan untuk pemanasan agar terasa rileks saat menggunakan alat tulis.

Lakukan peregangan tangan sebentar. Bisa dengan menggerakan jari jemari, melakukan pemijatan ringan pada jari dan sebagainya.

5. Longgarkan cengkraman tangan

Tulisan yang terlihat rapi dan bagus ini juga dipengaruhi oleh cengkeraman tangan saat menulis. Sehingga kamu juga harus megenggamnya dengan baik dan jangan terlalu memberikan penekanan pada kertas.

6. Lakukan percobaan dengan berbagai posisi kertas

Usahakan dalam menulis posisi badan merasa nyaman sehingga tulisannya juga akan bagus. Buatlah posisi kertas yang nyaman dalam menulis. Bisa dengan memiringkan kertas kesamping, ada juga yang lurus. Kamu pilih saja yang membuat nyaman.

7. Atur kecepatan menulis

Agar tulisan yang kamu hasilkan bisa bagus dan rapi maka kamu juga harus mengatur kecepatannnya dalam menulis.

Kecepatan yang dilakukan dalam menulis tersebut usahakan stabil dari mulai awal menulis hingga selesai

8. Jangan lupa untuk istirahat

Setiap organ tubuh kita tentulah memerlukan istirahat begitu juga dengan tangan yang kita gunakan. Jadi sebaiknya saat kamu menulis maka lakukan jeda sebentar untuk mengistirahatkan tanganmu. Jangan terlalu memforsir penggunaan tangan untuk menulis.

Ini akan berakibat tangan jadi lebih mudah capai dan pegal. Sehingga penting sekali untuk mengistirahatkannya minimal 5 menit. Kamu juga bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

9. Gunakan aplikasi bantuan

Dengan makin berkembangnya teknologi saat ini, sebenanya tulisan tangan juga penggunaannya sangat berkurang karena sudah tergantikan dengan mesin print yang hasilnya jauh lebih rapi.

Selain itu saat ini juga sudah ada aplikasi yang digunakan dalam menjadi menulis agar lebih bagus. Aplikasi tersebut yaitu OneNote, Nebio, NoteLedge dan lain-lain.

Penggunaan aplikasi tersebut sama halnya dengan kertas. Jadi kamu hanya tinggal menulis dengan pen tab sehingga bisa menghemat penggunaan kertas.

10. Teruslah latihan

Dan hal yang paling penting agar tulisanmu bagus yaitu dengan terus latihan. Latihlah tangan secara konsisten dalam menulis sehingga tulisanmu juga akan jadi bagus dan rapi.

Kamu juga bisa menulis yang sesuai dengan tulisan yang dijadikan inspirasi mu dalam menghasilkan tulisan bagus dan rapi.

Semoga cara menulis bagus diatas bisa kamu gunakan dan praktekkan dirumah. Selain tips di atas kami juga telah membahas artikel tentang bagaimana membuat daftar isi yang baik pada artikel contoh daftar isi.

Similar Posts