Kumbang Macan dan Seekor Tawon, Salah Satu Cerita Rakyat Lampung yang Populer

Setiap daerah di Indonesia pastinya memiliki cerita rakyat yang berkembang di masyarakat. Tak terkecuali adalah di kawasan Lampung yang memiliki cerita yakni berupa Kumbang Macan dan Seekor Tawon. Cerita rakyat Lampung ini memang telah terkenal di masyarakat sekitar dan telah diceritakan secara turun temurun, lalu bagaimana kisahnya? Cari tahu selengkapnya disini.

Hal yang Perlu Anda Tahu Tentang Cerita Kumbang Macan dan Seekor Tawon

  1. Sinopsis

Cerita rakyat satu ini berawal dari seekor tawon yang mana keluar dari sarangnya. Ia keluar untuk mencari sebuah kebun yang penuh dengan bunga. Namun, ketika sanga tawon ingin mencari makanan, ia pun memang harus keluar melewati hutan untuk mencari kebun bunga tersebut.

Ketika perjalanan menyusuri hutan tersebut, si tawon bertemu dengan seekor kumbang macam yang terlihat lesu. Si kumbang tersebut terlihat sedang berdiam diri di dahan yang kering. Maka tawon pun segera menghampiri dan bertanya tentang letak dari kebun bunga, bilamana kumbang macam tersebut tahu letak keberadaanya.

Kemudian, kumbang pun berkata jika terdapat kabar bahwa beberapa ekor lebah madu pekerja sering keluar hutan, tepatnya di arah utara. Kabarnya dsana terdapat berbagai macam bunga. Namun, jarak dari hutan tersebut sangatlah jauh dan harus melewati berbagai macam rintangan yang sangat sulit. Tapi, jika sang tawon pergi kesana, si kumbang lebah pun ingin ikut.

Setelah itu, tawon akhirnya setuju untuk pergi bersama kumbang. Dipikirnya, karena melewati rintangan yang melintang akan lebih baik jika pergi bersama seorang teman. Kemudian, mereka pun akhirnya pergi bersama ke arah utara untuk menuju ke tepat tersebut.

Perjalanan pun terasa sangat mulus, namun ketika si kumbang macam merasa kelelahan dan beristirahat di dahan. Ternyata seekor bunglon datang dan ingin untuk memangsa kumbang macan tersebut. Alhasil, tawon pun segera datang dan menyelamatkan dengan menyengat bunglon berkali kali hingga kumbang macam selamat.

Kemudian, mereka pun melanjutkan perjalanan. Di tengah jalan, mereka mengalami hambatan kembali, dimana si tawon terjerat sanrang laba laba dan tidak bisa berontak. Ketika melihat kondisi tawon tersebut, kumbang pun akhirnya menabrak laba laba tersebut dengan menggunakan tanduknya hingga sanga tawon berhasil lepas dari jaring jaring tersebut.

Perjalanan pun kembali dilanjutkan hingga mereka berdua sampai ke kebun bunga tersebut. Sesampainya disana, mereka pun melihat banyak bunga yang melebihi ekspektasi. Tempat tersebut juga dipenuhi oleh kumbang dan lebah pekerja yang sedang menghisap nektar dan berterbangan kesana kemari.

  1. Pelajaran yang Bisa Diambil

Setelah membaca sekilas tentang salah satu cerita rakyat Lampung yakni Kumbang Macam dan Seekor Tawon, dapat dikatakan jika memiliki teman dalam perjalanan akan sangat membantu. Hal ini terlihat ketika salah satu diantara mereka mengalami kesulitan, maka yang lain tak segan untuk membantu.

Bahkan selama perjalanan yang memiliki banyak rintangan dan hambatan tersebut, mereka dapat mencapai tujuan akhir dengan selamat. Hal ini dikarenakan keduanya saling bahu membahu untuk membantu sesama demi mendapatkan tujuan akhir. Oleh karena itu, melakukan sesuatu secara bersama sama untuk mencapai tujuan yang sama memang akan sangat membantu.

Itulah salah satu cerita rakyatย yang ada di tanah Lampung. Cerita satu ini memang telah didengar oleh orang orang yang ada di daerah Lampung dan kerap kali dijadikan sebagai dongeng pengantar sebelum tidur. Dengan mengetahui cerita satu ini, tentu saja pengetahuan anda akan cerita rakyat pun akan semakin bertambah.

Similar Posts