Efek Samping KB Suntik 3 bulan Yang Wajib Diketahui

Jika kamu sudah menikah dan ingin menjalankan program kb karena belum ingin memiliki anak atau anak sudah 2. Maka kamu bisa memilih menggunakan salah satu jenis alat kontrasepsi yaitu KB sunting 3 bulan. Tetapi kamu masih ragu dengan jenis KB ini, karena takut dengan efek samping KB suntik 3 bulan.

Efek Samping KB Suntik 3 bulan

Berikut ini ada beberapa efek samping kb suntik 3 bulan yang wajib kamu ketahui, seperti

1. Berat badan bertambah

Efek samping kb suntik 3 bulan yang bisa kamu alami adalah penambahan berat badan. Karena kandungan dalam KB ini memiliki efek menahan cairan yang ada di dalam sel tubuh. Sehingga menyebabkan berat badan akan bertambah.

2. Sakit Kepala dan Nyeri Payudara

Efek lain yang bisa ditimbulkan adalah sakit kepala. Selain sakit kepala penggunaan jenis KB ini juga akan menimbulkan rasa nyeri pada area payudara saat mendekati waktu menstruasi/haid.

3. Menstruasi tidak teratur

Saat menjalankan program kb dengan menggunakan kb suntik, penggunanya pasti akan mengalami mentruasi yang tidak teratur. Jadi kamu bisa mengalami waktu menstruasi yang lebih pendek ataupun lebih panjang. Selain itu saat menstruasi juga bisa mengalami menstruasi yang lebih berat dari biasanya. Dan ada juga yang malahan tidak menstruasi sama sekali.

4. Kesuburan kembali normal setelah 1 tahun

Jika program kb yang kamu lakukan hanya untuk menunda kehamilan berapa bulan saja, kb ini tidak cocok untuk digunakan. Karena penggunaan kb suntik bisa membuat kesuburan kembali normal setelah 1 tahun berhenti menggunakan kb suntik.

Jadi itulah tadi beberapa efek samping kb suntik 3 bulan, dari berbagai jenis kb yang tersedia saat ini pastinya memiliki efek samping berbeda-beda. Sehingga kamu harus menentukan jenis kb manakah yang cocok dengan yang kamu inginkan.

Similar Posts