Mainan Anak 1 Tahun untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Saat anak mencapai usia 1 tahun, perkembangannya sangat pesat. Untuk memaksimalkan hal itu Anda bisa memberikan mainan anak 1 tahun yang tepat demi menunjang tumbuh kembangnya. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi Si kecil.

Anak usia 1 tahun sudah sampai pada tahap belajar berjalan dan berbicara, juga memiliki kemampuan sosial dan emosional. Si kecil akan mulai mengekspresikan apa yang dia rasakan dengan berbicara atau menunjukkan mimik wajah. Jadi, Anda juga harus memberikan stimulasi dengan mengenalkan permainan yang cocok untuk Si kecil.

Macam-macam Mainan Anak 1 Tahun

Berbagai jenis mainan anak perlu dilengkapi di rumah agar Si kecil bisa bermain sambil belajar ditemani oleh keluarga. Berikut ini rekomendasi mainan yang cocok untuk anak 1 tahun ke atas.

  • Permainan Bentuk

Permainan yang cocok untuk anak 1 tahun yaitu permainan bentuk seperti balok bentuk persegi, segitiga, bintang, huruf, angka dan lain-lain. Biasanya, permainan balok terbuat dari kayu atau plastik dan berwarna-warni. Anak juga bisa bermain puzzle/menyusun balok, memasukkan balok dan lain sebagainya.

  • Permainan Bunyi

Selanjutnya, mainan anak 1 tahun juga cocok dengan permainan bunyi seperti piano atau mainan dengan bunyi hewan. Anak akan mengenal ritme dan mulai menirukan bunyi-bunyian. Anda juga bisa memberikan sepatu yang bisa mengeluarkan bunyi nyit-nyit untuk mendapatkan perhatian Si kecil.

  • Permainan Perosotan

Salah satu mainan yang sering ada di rumah yaitu perosotan yang kini semakin beragam bentuk dan jenisnya. Permainan ini akan mendukung fungsi motorik anak karena anak akan terus aktif bergerak bermain perosotan. Sekarang juga banyak online shop yang jual perosotan anak secara online. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot karena barang akan diantar ke rumah dan tinggal dirakit.

Tolak Ukur Tumbuh Kembang Anak

Saat memasuki usia 1 tahun, anak mulai aktif bergerak dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Pertumbuhan dan perkembangannya menjadi sangat pesat sehingga perlu perhatian lebih. Berikut ini tolak ukur tumbuh kembang anak yang perlu diketahui.

  1. Fisik (Berat dan Tinggi)

Anak usia 1 tahun memiliki berat badan 3 kali lipat berat lahirnya. Sedangkan tingginya 1,5 kali tinggi badannya saat lahir. Oleh karena itu, mainan anak 1 tahun biasanya lebih besar dan beragam disesuaikan dengan fisiknya yang mulai membesar.

  1. Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik anak usia 1 tahun antara lain mulai berdiri, melangkah, menggenggam makanan, memasukkan makanan ke mulut dan lainnya. Mainan yang cocok yaitu busy book atau buku dengan beragam tekstur.

  1. Kemampuan Bahasa

Si kecil juga bisa mulai berbicara atau berteriak pada usia 1 tahun meskipun belum jelas apa yang dikatakan. Itulah sebabnya permainan bunyi sangat cocok untuk membantunya mengenal berbagai jenis bunyi dan kata. Anda juga bisa terus mengajaknya berbicara dan bercerita.

  1. Kemampuan Kognitif

Untuk kemampuan kognitif anak usia 1 tahun sudah bisa memecahkan masalah sederhana seperti mencari mainannya sendiri. Untuk mengasah kemampuannya, Anda juga bisa mengajaknya bermain menumpuk puzzle dan memberikan tugas kecil lainnya.

  1. Kemampuan Sosial dan Emosional

Selanjutnya, kemampuan sosial dan emosional juga bisa mulai diajarkan ketikan anak memasuki usia 1 tahun. Biasanya, anak akan lebih ekspresif kepada orang lain di sekitarnya seperti suka memeluk ibunya, memanggil temannya, berbagi mainan dan lain-lain.

Mainan Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Nah, kesimpulan yang bisa diambil yaitu mainan yang Anda berikan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, perhatikan betul ketika hendak membeli mainan anak 1 tahun dan pilihlah mainan edukatif agar anak semakin berkembang.

Similar Posts