Menu Selamatan Pindah Rumah

Ketika Anda pindah rumah, bukan hanya rumah saja yang berganti menjadi baru, tetapi juga lingkungan di sekitar rumah Anda.

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial sehingga akan selalu membutuhkan bantuan orang lain termasuk tetangga. Oleh karena itulah silaturahmi setelah pindahan perlu dilakukan untuk membangun hubungan dengan tetangga.

Menu Selamatan Pindah Rumah yang Enak

Dengan begitu, tetangga dan warga lain yang ada di lingkungan baru dapat membantu Anda ketika Anda mengalami kesulitan. Salah satu caranya adalah menyelenggarakan syukuran dengan menu selamatan pindah rumah.

  1. Tumpeng nasi kuning

Nasi kuning yang dibuat tumpeng adalah salah satu hidangan yang kerap digunakan dalam acaran syukuran. Penyebabnya karena nasi kuning memiliki nilai filosofis yang melambangkan harapan pada Tuhan dan keberkahan.

Oleh karena itulah acara pemotongan tumpeng dan membagikannya kepada tetangga di lingkungan rumah baru dapat dilakukan sebagai salah satu bentuk silaturahmi.

  1. Mie goreng khas Jawa

Walau menu yang dihidangkan pada acara syukuran atau selamatan pindah rumah umumnya menggunakan nasi, bukan berarti Anda tidak dapat menggunakan menu lain seperti mie. Pasalnya, mie goreng khas Jawa dapat dijadikan sebagai pelengkap sekaligus penyeimbang bagi menu nasi kuning atau nasi liwet yang disuguhkan.

Dengan aroma yang unik dan cita rasa manis gurih yang memanjakan lidah, hidangan ini sangat cocok sebagai menu syukuran.

  1. Nasi liwet Sunda

Jika Anda ingin menu yang berbeda sebagai hidangan syukuran pindah rumah di samping nasi kuning, nasi liwet Sunda dapat dijadikan pilihan. Pasalnya, kombinasi yang pas antara nasi liwet dengan lauknya jelas akan menggugah selera.

Nasi liwet yang harum dan gurih dapat disuguhkan dengan lauk teri medan untuk membuat suasana syukuran dan silaturahmi menjadi lebih hangat.

  1. Ayam bumbu serundeng

Ayam adalah salah satu lauk andalan yang kerap dihidangkan dalam acara selamatan atau syukuran. Selain karena banyak yang suka, daging ayam juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Salah satunya adalah ayam bumbu serundeng, yaitu daging ayam yang dibumbui dengan serundeng alias parutan kelapa.

  1. Ikan asam manis

Walau sebagian besar orang suka ayam, nyatanya tidak semua orang menyukai daging unggas tersebut. Oleh karena itulah Anda disarankan untuk menghidangkan menu lain agar tamu yang kurang suka atau sudah bosan dengan daging ayam tetap dapat menikmati hidangan yang disajikan. Misalnya adalah ikan asam manis.

Meski cara memasaknya terbilang mudah, ikan yang dibumbui dengan kuah asam manis merupakan menu yang cocok dihidangkan saat syukuran pindah rumah.

  1. Plecing kangkung atau urap

Di samping menyediakan menu yang mengandung karbohidrat dan protein, Anda juga perlu menyediakan menu yang berbahan utama sayur sebagai penyeimbang gizi. Misalnya adalah plecing kangkung yang dapat dibuat dengan cara menumis sayur kangkung dengan bawang dan sambal tomat.

Sebagai alternatif plecing kangkung, Anda dapat menyediakan urap sebagai menu syukuran pindah rumah. Cara membuatnya pun cukup mudah karena sayur yang sudah direbus hanya perlu dicampur dan diaduk dengan bumbu urap.

Menu selamatan pindah rumah memang penting untuk dipertimbangkan. Namun, Anda juga perlu memikirkan tentang jasa pindahan yang dapat membantu Anda pindah rumah seperti Cargo Jakarta.

Pasalnya, jasa pindahan yang tepat akan sangat membantu Anda dan memudahkan dalam proses pindahan. Misalnya seperti jasa Cargo Jakarta yang dapat memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan.

Similar Posts