Besar Nilai Pajak untuk Pengambilan dan Pemanfaatan Air Tanah

Air tanah di sekitar rumah memang sangat bermanfaat. Dengan adanya air tanah ini, kamu bisa menghemat lebih banyak dana untuk biaya kebutuhan air di rumah kamu. Tetapi tahukah kamu bahwa air tanah juga ada pajaknya lho! Nah, untuk tahu bagaimana perhitungan pajak air tanah ini, berikut ini adalah ulasannya.

Dasar perhitungan pajak dan faktor penentu pajak air tanah

Air tanah biasanya akan di dapatkan seseorang ketika ia membeli sebuah lahan. Akan tetapi kenapa ada perhitungan pajak tersendiri? Nah, untuk kamu yang akan membeli lahan dengan air tanah, tidak perlu khawatir karena pajak air tanah ini hanya akan dikenakan bagi pengusaha yang memanfaatkan air tanah untuk dijual kembali.

Jika kamu adalah pengusaha yang akan memanfaatkan air tanah untuk kepentingan pribadi, kamu memang harus tahu bagaimana perhitungan pajak dari air tanah yang akan kamu manfaatkan. Lalu bagaimana penghitungannya? Ini dia ulasannya.

ยทย Dasar penghitungan pajak air tanah

Ada banyak sekali hal yang akan berpengaruh pada penghitungan pajak untuk air tanah ini. Banyaknya faktor penentu dari penghitungan pajak ini diatur dalam peraturan menteri ESDM No. 20 tahun 2017. Dalam aturan ini diatur banyak informasi penting mengenai penghitungan pajak terkait dengan penggunaan air tanah sebagai sumber penghasilan.

ยทย Faktor penentu penghitungan pajak air tanah

Nah setelah tahu adanya dasar penghitungan pajak ini, kamu pasti penasaran dengan apa saja yang berpengaruh pada penghitungan pajak ini bukan? Lalu apa saja yang mempengaruhi besarnya pajak air tanah yang harus dibayarkan oleh pengusaha air isi ulang?

1.ย Mengenai kelompok pengguna air tanah

Hal paling penting yang utama mempengaruhi besarnya biaya pajak untuk air tanah yang akan diusahakan adalah mengenai kelompok pengguna air tanah ini. Biasanya makin besar kelompok pengusaha air tanah ini akan makin besar besaran untuk penghitungan dasar pajaknya.

Untuk melihat seberapa besar kelompok pengusaha ini, biasanya akan dilihat dari besarnya biaya investasi yang digunakan untuk menemukan sumber air. Makin besar nilai investasinya maka makin besar biaya pajak yang akan dibayarkan oleh seorang pengusaha

2.ย Mengenai waktu pemanfaatan air tanah

Biasanya air yang dimanfaatkan oleh perusahaan air minum kemasan atau air isi ulang ini tidak akan lagi membutuhkan penjernih air sumur. Ketika seorang pengusaha air minum ini sudah menemukan sumber air yang aman dan sehat, maka mereka akan membuat perencanaan. Perencanaan ini terkait dengan biaya investasi dan tentunya mengenai penggunaan mata air yang akan mereka komersilkan.

Tidak mungkin jika sebuah perusahaan akan membuat sebuah sumur tanpa tahu beberapa banyak air di dalam tanah dan beberapa lama air dalam mata air ini bisa dimanfaatkan. Oleh karena itu, selain nilai investasinya, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai panjang waktu pemanfaatan air tanah ini.

Nah, nilai investasi dan juga waktu pemanfaatan air tanah ini nantinya akan digunakan untuk menghitung HAB atau Harga Air Baku. Lalu bagaimana caranya untuk melihat berapa nilai pajak yang harus dibayarkan? Biasanya untuk melihat nilai pajak air tanah ini, nilai HAB akan dikalikan dengan 20%.

Nilai apakah 20% ini? Nilai 20% ini adalah sebuah nilai tarif pajak air tanah tetap yang sudah ditentukan pemerintah. Akan tetapi terkadang nilai ini akan berbeda tergantung dengan besaran perhitungan pajak air tanah yang ditentukan oleh masing-masing daerah.

Similar Posts