9 Wisata Pantai Jepara yang Wajib Dikunjungi

Jalan-jalan ke tempat wisata menjadi salah satu momen yang paling dinantikan. Tempat wisata yang populer dan banyak dikunjungi terutama di Indonesia yaitu pantai. Hal ini karena negara Kita merupakan negara kepulauan atau negara maritim yang memiliki lebih banyak wilayah perairan. Maka, tak heran jika wisata pantai menjadi lokasi paling diburu oleh pengunjung baik wisatawan lokal maupun manca negara.

Kali ini Kita akan berkunjung ke kota Jepara, kota dengan ciri khas furniture dan ukirannya yang terkenal. Nah, kabupaten Jepara ternyata berbatasan langsung dengan laut lho. Jadi, sudah bisa ditebak ada banyak sekali wisata pantai Jepara yang bisa dikunjungi. Wisata pantai bisa jadi destinasi yang pas untuk Anda bersama partner, teman, maupun wisata keluarga bersama anak.

Wisata Pantai Jepara Terpopuler

Dapat dikatakan hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki wisata pantai yang cantik dan eksotik. Ada banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan saat berkunjung ke pantai mulai dari berenang, foto-foto, naik perahu dan lain-lain. Bahkan, duduk santai di tepi pantai sambil menikmati angin dan deburan ombak saja sudah menyenangkan dan menenangkan.

Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi untuk tujuan wisata yaitu Jawa Tengah. Nah, di Jawa Tengah Anda bisa jalan-jalan ke Jepara dan main ke pantai, berikut ini beberapa rekomendasi wisata pantai terpopuler.

  1. Kepulauan Karimunjawa

Wisata pantai Jepara terpopuler yang pertama tentu saja jatuh pada kepulauan Karimunjawa. Kepulauan Kerimunjawa adalah wisata pantai dan terumbu karang yang terkenal hingga ke manca negara. Anda bisa melakukan snorkeling, diving dan berenang di perairan Karimunjawa yang jernih.

Ada sekitar 90 jenis terumbu karang langka dan 200 ikan hias yang bisa dilihat di pulau ini. Anda juga akan mendapati 27 pulau kecil yang 5 pulau diantaranya dihuni manusia, sedangkan sisanya tidak berpenghuni.

Lokasi : di Kepulauan Karimunjawa, Kec. Karimunjawa, Kab. Jepara

Tiket Masuk : sekitar 5.000 rupiah

  1. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan juga populer dan dikenal dengan nama pantai Tirta Samudera. Wisata pantai bandengan sudah dilengkapi dengan fasilitas tenda, perahu, tempat makan dan persewaan alat untuk berenang. Pantai Jepara yang satu ini memiliki pasir putih yang lembut dan nyaman untuk jalan-jalan telanjang kaki. Airnya juga jernih dan bersih sehingga pasti betah berlama-lama di pantai ini.

Ada juga atraksi Banana Boat dan lainnya yang bisa disewa oleh pengunjung. Wisatawan juga bisa bermalam di hotel atau penginapan dekat pantai. Main ke pantai Bandengan pasti seru sekali karena fasilitasnya lengkap dan banyak aktivitas yang bisa dilakukan.

Lokasi : di Desa Bandengan, Kec. Jepara, Kab, Jepara, Jawa Tengah

Tiket Masuk : sekitar 5.000-10.000 rupiah dan parkir 2.000 rupiah

  1. Pantai Kartini

Wisata pantai Kartini sepertinya cocok untuk liburan keluarga bersama anak-anak karena di pantai ini terdapat akuarium kura-kura. Namanya Kura-kura Ocean Park, yaitu akuarium raksasa yang menampilkan berbagai jenis kura-kura dan penyu. Wisata pantai Jepara ini juga bisa jadi sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak. Selain itu, juga ada wahana banana boat, sewa perahu, taman bermain dan lain-lain.

Lokasi : di Desa Bulu, Kec. Jepara, Kab. Jepara

Tiket Masuk : sekitar 10.000-20.000 rupiah | Tiket Masuk Akuarium : 17.500 rupiah

  1. Pantai Gua Manik

Pantai yang satu ini terbilang masih sepi pengunjung dan cocok bagi Anda yang tidak suka wisata yang terlalu ramai. Lokasinya dekat dengan Benteng Portugis dan pantai ini juga dikenal dengan nama pantai Pecatu. Fasilitasnya juga lengkap tersedia toilet, gazebo, lesehan dan arena motor cross. Di pantai ini pasirnya putih dan masih bersih, bebas polusi. Pemandangan sunset dan sunrise dari pantai ini juga sangat cantik.

Lokasi : di Banyumanis, Kec. Donorojo, Kab. Jepara

Tiket Masuk : sekitar 5.000-10.000 rupiah

Destinasi Wisata Pantai Gratis di Jepara

Mau liburan hemat? Tenang saja, banyak juga kok destinasi wisata pantai di Jepara yang tiket masuknya gratis. Namun, jika ingin naik wahana tentu saja Anda harus membayar. Nah, berikut ini rekomendasi pantai Jepara yang bisa dikunjungi secara gratis.

  1. Pulau Panjang

Jika ingin mengunjungi pantai yang masih alami dan lebih sepi bisa ke pulau Panjang. Pulau ini lokasinya berdekatan dengan pantai Kartini dan akses masuknya juga dari pantai Kartini menggunakan kapal motor. Di pulau Panjang, Anda akan menemukan terumbu karang yang cantik, pasir putih dan sunset yang indah. Pulau ini cocok untuk berenang, diving dan snorkeling karena dangkal dan arusnya tidak deras.

Lokasi : di Ujung Batu, Kec. Jepara, Kab. Jepara

Tiket Masuk : Gratis

  1. Pantai Teluk Awur

Selanjutnya, destinasi pantai Jepara yang tak kalah cantik yaitu pantai Teluk Awur yang bebas dikunjungi kapan saja dan gratis. Pantai ini memiliki pasir putih dan pemandangan deretan resort mewah di sekelilingnya. Di sana juga terdapat hutan bakau dan merupakan tempat pemberhentian sekaligus lalu lintas kapal-kapal. Selain itu, juga tersedia wahana banana boat, jet sky, flying fish dan lain-lain.

Lokasi : di Jl. Teluk Awur, Kec. Tahunan, Jepara, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Gratis

  1. Pulau Mandalika

Pantai Jepara selanjutnya yaitu pulau tak berpenghuni yang dinamakan pulau Mandalika. Anda bisa ke pulau ini dengan menyeberang atau jalan kaki melalui jalur dari lokasi Benteng Portugis. Pantainya dilengkapi dengan pasir putih dan lautnya berwarna biru serta batu karang. Pulau ini terkenal sebagai area memancing. Ikan yang bisa ditemukan antara lain ikan kerapu, kakap, bahkan ikan pari yang langka.

Lokasi : 2 km dari Desa Ujung Watu, Kab. Jepara, Jawa Tengah

Tiket Masuk : Gratis

  1. Pantai Ombak Mati

Nah, bagi Anda yang ingin ke pantai bersama anak-anak bisa mengunjungi pantai Ombak Mati. Sesuai dengan namanya, pantai ini bisa dibilang hampir tidak memiliki ombak atau ombaknya sangat tenang, cocok untuk anak-anak. Airnya juga jernih dan cukup dangkal, juga memiliki pasir putih yang indah. Uniknya, di pinggiran pantai juga banyak pohon ketapang untuk berteduh.

Lokasi : di Desa Bondo, Kec. Bangsri, Kab. Jepara

Tiket Masuk : Gratis

  1. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk berjarak 2 km dari pantai Bandengan, namun memiliki ciri khas tersendiri dengan pinggiran pantai yang dipenuhi karang bebatuan. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke pantai Jepara ini biasanya hanya bersantai dan melihat pemandangan pantai dari kejauhan.

Namun, fasilitasnya cukup lengkap, terdapat teman bermain, tempat makan dan track untuk jalan kaki atau bersepeda. Di pantai ini juga tersedia gazebo yang dibangun di atas laut, pasti seru sekali makan di sini. Tak heran jika area tersebut dikatakan sebagai kawasan kuliner terbesar di Jawa Tengah.

Lokasi : di Desa Mororejo, Kec. Mlonggo, Kab. Jepara

Tiket Masuk : Gratis

Selain wisata pantai Jepara, ada banyak sekali jenis wisata lainnya yang bisa dikunjungi saat jalan-jalan ke Jepara. Salah satu yang terkenal dan menjadi ciri khas di sana adalah furniture Jepara dengan ukiran yang detail. Bahkan, furniture Jepara sudah dikenal dalam kancah internasional. Jadi, selain main ke pantai, jangan lupa melihat karya-karya keren dari pengrajin furniture di Jepara.

 

Similar Posts