Peluang Usaha di Masa Pandemi

Pandemi menghambat pertumbuhan ekonomi sehingga pendapatan menjadi berkurang karena daya beli masyarakat menjadi menurun. Namun, bukan berarti pandemi menghapus setiap peluang yang ada dalam hal usaha.

Peluang Usaha saat Pandemi

Nyatanya, tidak sedikit peluang yang muncul berkat pandemi. Peluang usaha di masa pandemi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Catering Harian

Pandemi memaksa orang-orang untuk membatasi aktivitas dan mengurangi kontak dengan orang lain. Akibatnya, bekerja pun dilakukan dari rumah sehingga tubuh menjadi kurang berolahraga. Terutama pada orang-orang yang sejak awal memang kurang bersemangat melakukan olahraga.

Padahal, tubuh harus selalu fit di masa pandemi seperti sekarang agar tidak mudah terserang virus. Selain olahraga, asupan makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang juga sangat penting. Oleh karena itulah usaha catering harian dengan menu yang sehat merupakan peluang yang bagus.

  1. Frozen Food

Usaha catering harian yang bergizi memiliki peluang yang bagus, tetapi bisnis frozen food atau makanan beku juga tidak kalah menjanjikan. Pasalnya, makanan beku memungkinkan untuk disimpan dalam waktu lama sehingga sangat cocok di masa pandemi seperti sekarang di mana aktivitas keluar rumah sangat dibatasi.

Cara memasak frozen food juga mudah sehingga dapat diolah oleh siapa saja sekalipun orang tersebut tidak pandai memasak. Untuk memulai usaha frozen food, hal yang harus disiapkan antara lain freezer serta aneka frozen food sehingga konsumen memiliki banyak pilihan dan tertarik.

  1. Usaha Online

Pandemi membuat orang-orang tidak dapat bertemuย  dengan bebas sehingga aktivitas jual-beli secara langsung pun terhambat. Alhasil, pedagang tidak dapat menjual dengan leluasa, dan pembeli kesulitan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Namun, hal ini tidak lagi berlaku dengan adanya online shop.

Dengan online shop serta sistem online yang memungkinkan penjual dan pembeli bertransaksi tanpa melakukan kontak fisik, transaksi jual-beli pun dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Belanja dari rumah pun dapat dilakukan. Oleh karena itulah bisnis online ini memiliki prospek yang sangat baik.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis atau usaha online pun tidak banyak. Anda dapat memulai dengan menjadi dropshipper atau reseller yang menjual produk dari supplier.

Setelah usaha online tersebut mulai berkembang, baru Anda dapat meningkatkan skalanya, termasuk membuat website khusus untuk mempromosikan dan menjual produk.

  1. Content Writer

Jika Anda memiliki kemampuan dalam menulis, maka content writer dapat menjadi peluang usaha di masa pandemi yang menjanjikan. Pasalnya, pandemi mempercepat proses digitalisasi dan memaksa manusia untuk semakin mengandalkan teknologi, termasuk jaringan internet.

Oleh karena itulah Anda dapat memanfaatkannya dengan menulis konten iklan yang dapat memperkenalkan suatu produk kepada konsumen. Selain itu, Anda juga dapat menjadi editor di outlet media online maupun perusahaan penerbit.

Untuk melakukannya, Anda harus memiliki fokus dan kesukaan dalam menulis. Jika perlu, perdalam lagi ilmu dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha tersebut. Misalnya, pemahaman tentang Search Engine Optimization (SEO) yang dibutuhkan dalam membuat konten iklan.

Peluang usaha yang juga cukup menjanjikan di masa pandemi adalah usaha pembuatan masker kain. Pasalnya, pandemi membuat masker bukan lagi sekadar barang untuk melindungi diri dari virus, tetapi juga sebagai bagian dari gaya atau mode.Saat masker medis tidak tersedia, masker kain adalah alternatifnya. Oleh karena itulah prospek dan peluang usaha ini cukup baik. Ulasan bisnis lainnya bisa dibaca di https://thisnetworth.com/.

 

Similar Posts