Penyebab Mobil Brebet Saat di Gas

Masalah umum yang menimpa mesin mobil salah satunya adalah mesin yang brebet atau tersendat saat digas. Hal ini menyebabkan pengalaman berkendara menjadi tidak nyaman karena mesin brebet menyebabkan mobil terasa berat dikemudikan. Oleh karena itulah Anda perlu mencari tahu hal apa saja yang menyebabkan mesin mobil brebet.

Berikut Beberapa Penyebab Mobil Brebet Saat Digas

  1. Filter Bahan Bakar Bermasalah

Filter bahan bakar berperan dalam menyaring bahan bakar yang masuk ke ruang bakar mesin, yaitu untuk memastikan bahwa bahan bakar yang masuk ke ruang bakar bebas dari debu dan kotoran. Pasalnya, proses pembakaran akan kurang maksimal apabila bahan bakar kotor. Hal inilah yang membuat mobil brebet saat digas.

Artinya, jika mobil brebet saat digas, ada kemungkinan bahwa filter bahan bakar bermasalah sehingga perlu dilakukan pengecekan. Apabila filter bahan bakar kotor, maka perlu dilakukan pembersihan. Selain dibersihkan, filter juga perlu diganti secara rutin setidaknya 2 tahun sekali.

  1. Bahan Bakar Minim

Bahan bakar yang minim atau tinggal sedikit di tangki juga dapat menjadi penyebab mesin mobil brebet saat digas. Pasalnya, bahan bakar sangat diperlukan agar mesin mobil dapat bekerja dengan maksimal. Oleh karena itulah Anda harus selalu memastikan bahwa bahan bakar pada tangki selalu tersedia dalam jumlah yang cukup.

Saat berkendara, selalu cek indikator bahan bakar agar tahu kapan harus mengisi bensin. Dengan begitu, mobil dapat bekerja maksimal dan tetap nyaman digunakan untuk berkendara.

  1. Busi Bermasalah

Busi yang bermasalah, misalnya busi yang sudah harus diganti maupun busi yang tidak sesuai standar dapat menyebabkan mobil brebet saat digas, yaitu timbulnya sensasi tersendat-sendat saat pedal gas diinjak.

Oleh karena itulah Anda harus melakukan pengecekan secara berkala pada busi serta memastikan bahwa busi yang digunakan sudah sesuai dengan standar. Dengan begitu, masalah mobil brebet saat digas ini dapat dihindari.

Apabila mobil Anda menggunakan sistem injeksi, pastikan bahwa busi yang digunakan adalah busi yang cocok untuk sistem tersebut, yaitu busi resistor.

  1. Mesin Terlalu Panas

Mesin mobil yang terlalu panas atau overheat juga dapat menyebabkan mobil brebet saat digas dan kecepatan mobil menjadi menurun. Ini karena radiator yang berfungsi untuk menjaga kestabilan temperatur mesin mengalami masalah, misalnya karena air radiator sudah menipis atau bahkan habis.

Agar hal ini tidak terjadi, air radiator harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Dengan begitu, suhu mesin pun akan tetap terjaga dan tidak akan mengalami overheat.

  1. Bahan Bakar Tidak Sesuai

Ada banyak jenis bahan bakar yang dapat ditemukan di pasaran sementara setiap mobil memiliki rekomendasi bahan bakar masing-masing berdasarkan kandungan oktan.

Apabila mobil diisi dengan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi, kinerja mesin mobil pun tidak akan maksimal dan bahkan dapat menyebabkan mesin mobil brebet saat digunakan. Oleh karena itulah Anda wajib tahu bahan bakar apa yang tepat dan direkomendasikan untuk mobil Anda.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab mobil brebet saat di gas, termasuk adanya masalah pada sistem injeksi yang sudah banyak diterapkan pada mobil masa kini. Untuk mengetahui semua penyebab mobil brebet, Anda dapat mengikuti Kursus mekanik mobil.

Dengan mengikuti Kursus mekanik mobil, selain dapat memperbaiki mobil sendiri, Anda juga dapat membuka jasa bengkel.

Similar Posts