Pupuk Phonska, Serbuk Halus yang Kaya Manfaat

Apakah anda memiliki tanaman di rumah? atau bahkan memiliki sawah? Bagi anda yang memiliki dua hal tersebut pasti sudah tidak asing lagi dengan pupuk. Agar setiap tanaman yang tumbuh bisa berkembang pesat, maka diperlukan zat hara dari pupuk. Salah satunya adalah Pupuk Phonska. Seperti apa produk ini? lebih detailnya yuk baca ulasan di bawah ini.

Apa itu Phonska?

Bagi Anda yang belum tahu apa itu phonska, sebenarnya PNk berbentuk serbuk halus ini merupakan pakanan tanaman yang sangat penting bagi tumbuh kembang tanaman. Zat yang satu ini merupakan salah satu jenis zat yang di subsidi oleh pemerintah, harga yang ditawarkan juga terjangkau. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan para petani.

PNK terdiri dari beberapa unsur hara, mulai dari nitrogen yang disimbolkan dengan N, kalium K, kandungan Sulfur atau S, dan juga P atau Fosfor. Pupuk majemuk ini dibuat dari urea, Dolomit, phospat dan beberapa kandungan lainnya yang dapat menyuburkan tanaman. Zat ini juga banyak digunakan oleh petani karena mampu meningkatkan hasil pertanian.

Pupuk yang dibanjiri pembeli ini pertama kali diproduksi sekitar awal tahun 2000 dan telah resmi dijual di seluruh Indonesia pada sekitar bulan Agustus tahun 2000. Bagi petani yang ingin membeli NPK juga dimudahkan dengan adanya berbagai macam ukuran kemasan. Dimulai dari kemasan 20 kg hingga 50 kg. Pupuk yang banyak peminat ini bisa anda beli menggunakan ekspedisi denpasar.

Apa Saja Manfaat Pupuk Majemuk NPK?

  1. Batang Tanaman Akan Lebih Kuat Sehingga Tanaman Tidak Mudah Roboh

Manfaat pertama jika anda menggunakan pupuk majemuk yaitu akan membuat batang tanaman menjadi lebih kuat. Batang yang kuat sangat mempengaruhi tumbuh kembang tanaman di kemudian hari. Sehingga jika didapati tanaman anda yang struktur batangnya kecil dan loyo, anda bisa menanganinya dengan memberikan NPK ini.

Batang yang kuat juga disinyalir membuat tanaman tidak mudah roboh. Dapat dipastikan pada beberapa tanaman yang sudah roboh akan mengganggu pertumbuhannya. Karena mayoritas bila sudah roboh bisa membuat tumbuhan menjadi mati dan tidak dapat menghasilkan apa-apa. Bahkan beberapa tanaman yang mati mampu memberikan dampak pada tanaman lainnya.

  1. Dapat Memicu Tumbuhnya Akar Tanaman

Sebelum adanya batang yang kuat, maka diperlukan akar tanaman yang berkembang dengan cepat. Anda dapat menggunakan produk NPK jika menginginkan tanaman yang anda miliki mempunyai akar yang lebat. Namun dalam pemakaiannya juga harus memperhatikan dosis serta takaran sesuai petunjuk yang berada di bagian kemasan.

Jika akar tanaman tidak dapat berkembang akan berakibat pada pertumbuhan setelahnya. Seperti batang, daun, bunga, hingga buah. Bahkan jika akar tidak mampu berkembang dengan baik dapat meningkatkan risiko tidak berbuah pada tanaman. Bahkan yang paling ekstrim dapat memicu kematian pada pohon yang anda tanam.

  1. Mampu Memperbesar Umbi, Buah dan Biji

Pupuk majemuk juga memiliki manfaat untuk memperbesar umbi, buah, hingga biji pada tanaman. Namun kembali lagi tetap harus memperhatikan besaran dosis yang sesuai. Untuk cara pemakaiannya pun sangat mudah dengan mencampurkan pada tanah yang digunakan untuk menanam.

  1. Tanaman Lebih Sehat dan Lebih Hijau

Jika tumbuhan yang anda tanam lebih difokuskan pada dedaunan. Biasanya tanaman hias. Maka anda bisa merawat bagian daun tersebut supaya tetap hijau dan sehat dengan menggunakan pupuk Phonska. Karena kandungan yang ada di dalam zat ini sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang tanaman. Salah satunya bagian struktur daun.

Itu tadi beberapa uraian singkat mengenai pupuk majemuk atau NPK. Bagi anda yang memiliki tanaman dan bingung untuk merawatnya, anda bisa menggunakan zat ini sebagai solusinya. Namun dalam pengaplikasiannya anda perlu membaca petunjuk yang terdapat di kemasan. Supaya tanaman yang anda miliki tidak overdosis.

 

ย 

 

Similar Posts