Tanaman Hias Berdaun Putih

Di masa pandemi seperti sekarang di mana aktivitas di luar rumah dituntut untuk dibatasi, merawat tanaman hias dapat menjadi aktivitas alternatif untuk menghilangkan rasa jenuh. Terutama karena ada banyak sekali jenis tanaman hias yang dapat dikoleksi dan dirawat. Salah satu contohnya adalah tanaman hias berdaun putih.

Daun pada tanaman memang umumnya berwarna hijau. Namun, pada tanaman hias terutama tanaman hias daun, warna daun tanamannya bisa bermacam-macam. Berikut ini beberapa tanaman hias berdaun putih yang dapat dijadikan koleksi sekaligus sebagai sarana penghibur hati selama pandemic.

Caladium White Christmas

Tanaman hias daun dari jenis caladium atau keladi sangat mudah untuk didapatkan. Ini karena keladi termasuk tanaman hias yang mudah tumbuh. Meski begitu, keladi yang bentuk daunnya seperti hati ini perlu dirawat dengan baik sehingga dapat hidup dengan subur.

Dari berbagai jenis tanaman hias keladi yang ada, keladi putih atau caladium white christmas adalah salah satunya. Seperti namanya, keladi putih memiliki warna putih yang dominan pada bagian daunnya, tetapi juga memiliki corak warna hijau pada bagian tulang daun serta pinggiran daunnya.

Caladium Moon Light

Caladium moon light masih satu jenis dengan caladium white christmas karena sama-sama berasal dari keluarga keladi. Caladium moon light juga memiliki daun dengan warna putih yang dominan, sama seperti caladium white christmas. Namun, aksen warna hijau pada tanaman hias keladi yang satu ini lebih sedikit dibanding keladi putih.

Tidak seperti keladi putih yang memiliki corak warna hijau di bagian pinggir daun dan tulang daun, daun caladium moon light justru hampir seluruhnya berwarna putih. Ada sedikit warna hijau pada bagian tepi daun, tetapi tidak terlalu tebal. Oleh karena itulah tanaman hias yang satu ini tampak seperti sinar bulan yang terang.

Aglonema Super White

Aglonema termasuk tanaman hias daun yang mudah dirawat dan memiliki banyak jenis dan corak. Oleh karena itulah tanaman hias yang satu ini cukup populer. Di antara berbagai jenis aglonema, ada aglonema super white yang berdaun putih.

Warna putih pada aglonema jenis ini sangat dominan, tetapi dengan tepian daun serta tulang daun bagian tengah yang berwarna hijau.

Sama seperti jenis aglonema lainnya, aglonema super white juga mudah dirawat. Anda hanya perlu meletakkannya di luar rumah karena tanaman hias ini butuh penyinaran matahari langsung. Selain itu, Anda dapat menyiramnya pada pagi dan sore setiap hari dan dipupuk setidaknya 1 bulan sekali.

Monstera Variegata

Ciri khas tanaman hias monstera adalah bentuk daunnya yang unik. Tanaman hias ini memiliki daun yang berwarna hijau. Namun, ada juga jenis monstera yang memiliki corak putih pada daunnya.

Monstera dengan corak putih pada daunnya disebut monstera variegata. Warna putih yang muncul pada daun monstera variegata bukan bawaan gen, melainkan karena mutasi sel yang terjadi karena adanya kelainan klorofil pada daun. Karena itulah harga tanaman hias yang satu ini relatif mahal.

Tanaman hias dengan daun berwarna putih memang tampak indah, tetapi jika Anda lebih tertarik dengan tanaman hias bunga, anggrek cattleya adalah salah satu yang direkomendasikan. Ini karena jenis anggrek yang satu ini memiliki bunga yang indah dengan warna beragam. Selain itu, bunga anggrek cattleya juga cukup besar dibanding jenis anggrek lainnya.

Similar Posts