Yuk Intip Penyebab Bayi Baru Lahir Muntah Setelah Minum ASI

Pati banyak diantara anda yang penasaran, penyebab bayi sering sekali muntah atau gumoh setelah minum ASI. Namun anda tidak perlu cemas, karena hal tersebut cukup lumrah. Yuk kulik lebih dalam penyebab bayi baru lahir muntah setelah minum ASI sebagai berikut!

Penyebab Bayi Gumoh Setelah Minum ASI

Bayi yang baru lahir perlu perhatian dan penanganan yang khusus dari kedua orang tuanya. Salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah saat mereka baru saja selesai minum ASI. Sering sekali si bayi mengalami muntah atau yang lebih dikenal dengan sebutan gumoh.

Gejala tersebut terjadi karena ASI yang ditelan oleh bayi, kembali naik ke kerongkongan. Penyebab utama masalah ini adalah saluran pencernaan bayu yang masih lemah. Kondisi tersebut dikenal dengan sebutan refluks, karena ukuran lambung yang masih kecil.

Lambung mereka kaan cepat terisi penuh sehingga memungkinkan ASI untuk naik kembali. Apalagi kondisi katup kerongkongan belum terlalu sempurna, sehingga tidak dapat menahan isi lambung dengan baik. Namun seiring dengan bertambahnya usia, gejala ini akan menghilang dengan sendirinya.

Gejala tersebut akan tetap terjadi, hingga bayi berusia empat sampai lima bulan. Oleh karena itu, anda tidak perlu panik, karena hal tersebut adalah kondisi yang wajar. Namun anda harus waspada, jika muntahnya ini disertai dengan gejala tambahan seperti demam dan perut bengkak. Bila saja kondisi ini menjadi indikator terjadinya masalah kesehatan yang perlu diperiksakan.

 

Similar Posts